• Orang Pintar Tahu Mana Berita Asli dan Mana yang Palsu: Ini Cara Mengetahui Berita Hoax!

    Kecanggihan teknologi yang ada pada masa sekarang ini makin mumpuni, hal ini membuat banyak orang kini semakin mudah menemukan informasi dengan cepat dan mudah. Tidak seperti zaman dahulu, informasi yang didapat hanya melalui siaran radio dan juga surat kabar berupa koran atau majalah.

     Orang Pintar Tahu Mana Berita Asli dan Mana yang Palsu: Ini Cara Mengetahui Berita Hoax!

    Tetapi dengan lahirnya smartphone, orang-orang hanya dengan sambil tiduran, sudah mengetahui banyak informasi hanya dengan satu genggaman saja, dengan melakukan penelusuran di internet.

    Hanya saja mengingat banyaknya informasi yang berseliweran di internet, banyak juga berita yang tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta yang ada di dunia nyata. Jika orang yang membacanya percaya, hal tersebut dapat merujuk ke sebuah fitnah yang akan berujung pertengkaran atau bahkan lebih besar lagi, peperangan. 

    Kemudahan mengakses informasi, ada sisi baik dan buruknya. Di sisi baik, dengan internet yang memudahkan orang mencari informasi, tidak banyak membuang waktu, tetapi di sisi lain, banyak pula informasi yang mengacu pada berita palsu atau biasa disebut dengan hoax.

    Tentu sebagian banyak orang tidak asing dengan istilah hoax ini. Hoax adalah suatu berita atau informasi yang bohong dan tidak sesuai dengan apa yang terjadi di dunia nyata. Hati-hatilah kita dengan berita hoax. Karena bisa saja nanti berita yang palsu itu, kita menjadi salah tafsir dan mengakibatkan pertengkaran dengan orang terdekat dan juga bisa memprovokasi antara pihak satu dengan yang lainnya. 

    Meski berita hoax kini meradang seperti virus pancaroba, orang-orang juga kini sudah harus dituntut cerdas untuk memilah berita agar tidak termakan hoax. Pemerintah juga selalu menghimbau kepada masyarakat agar tidak terprovokasi dengan segala berita hoax yang terjadi di masyarakat. Orang yang cerdas, pasti akan tahu mana berita hoax, dan mana yang bukan. Untuk itu berikut adalah cara mengetahui berita itu hoax atau bukan: 

    Jangan mudah terpancing dengan judul-judul berita atau artikel yang provokatif. Biasanya judul yang tipe provokatif itu akan langsung menunjuk siapa yang salah atau sasaran orang. Terutama pada isu politik, biasanya judul berita akan langsung melibatkan nama dari seorang politikus sebagai umpan pembaca dan bisa menyebarkan isu yang tidak benar. 

    Cermatilah alamat situs dari mana asal berita tersebut, kebanyakan orang yang membagikan berita tersebut, untuk memudahkan orang percaya, akan mencantumkan sebuah alamat situs. Tetapi jika Anda orang cerdas, pasti langsung cek domain URL tersebut untuk memastikan, apakah alamat situs tersebut ada atau tidak. Biasanya jika yang termasuk berita hoax, alamat yang tercantum tidak ada. 

    Telusurilah fakta-fakta yang ada. Mulai dari asal berita tersebut, dan juga situs resminya. Jika ingin mengetahui berita yang langsung dari sumbernya, lebih baik mengikuti akun resmi dari yang bersangkutan seperti POLRI atau KPK bahkan presiden kita juga memiliki beberapa akun sosial media yang kadang akan memberikan informasi tentang kerja dari sang presiden. 

    Cek keaslian foto yang dibagikan. Biasanya memang untuk menambah bumbu-bumbu yang bisa dipercaya, berita hoax akan menambahkan foto yang kadang terlihat dramatis. jangan mudah percaya dahulu, karena mungkin foto tersebut diambil bukan tahun ini, dan bukan di tempat yang dimaksud di berita. 

    Jika sudah menemukan tanda-tanda berita hoax tersebut, sebaiknya Anda untuk melaporkannya. Biasanya di media sosial ada program yang mana berita atau postingan tersebut dapat dilaporkan hingga berita itu hilang dengan sendirinya. 

    Ikutilah grup-grup yang memberikan informasi tentang berita hoax, agar kita mempunyai ancang-ancang untuk tidak mempercayai suatu berita dengan mudah. 

    Masyarakat sekarang memang cerdas. Meski kita dicuci pikirannya dengan berita hoax, dengan banyaknya himbauan lewat media sosial, situs berita, dan juga peringatan dari pemerintah, bisa meminimalisir adanya berita hoax.

    Janganlah jadi masyarakat yang mudah terprovokasi hanya dengan sebuah berita yang dibagikan dan tidak jelas asal usulnya. Jika Anda mudah terprovokasi, bukankah itu menandakan bahwa bukan warga yang cerdas? Selalu waspada dan teliti dengan adanya berita yang belum tentu kebenarannya. Jaga Negara kita dari isu-isu yang bisa memecah belah persatuan. 


    Tags Tags: , ,